Perkuat Literasi Digital di Tapal Batas Negara, IJPN dan Relawan TIK Gelar Pelatihan Bagi Pelajar SMK

Perkuat Literasi Digital di Tapal Batas Negara, IJPN dan Relawan TIK Gelar Pelatihan di SMKN 7
Perkuat Literasi Digital di Tapal Batas Negara, IJPN dan Relawan TIK Gelar Pelatihan di SMKN 7

Jayapura, Relawan TIK : Dalam rangka memberi penguatan kapasitas literasi digital dan pelatihan jurnalistik bagi pelajar di perbatasan RI-PNG, IJPN (Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara) sambangi SMK N. 7 Agribisnis dan Agroteknologi Kota Jayapura di Skow Mabo, Distrik. Muara Tami, Jum’at (21/07).

Sekeretaris umum, IJPN (Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara) Alldo F. Mooy Menjelaskan kunjungan kali ini di SMK N. 7 Agribisnis dan Agroteknologi Kota Jayapura adalah kunjungan sekolah terkahir dari 7 (tujuh) sekolah di Kota Jayapura yang ditetapkan oleh IJPN dan Tim.

Bacaan Lainnya

Program Road Show Literasi Digital dan Pelatihan Jurnalistik  SMA dan SMK di Provinsi Papua sendiri adalah Program Kerjasama IJPN dan Media JUBI dalam rangka memberi pengutan pemahan literasi digital dan juga belajar menulis berita tentang aktivitas siswa-siwi itu sendiri.

Dalam pelaksanaan program IJPN (Ikatan Jurnalis pelajar Nusantara) juga berkolaborasi dengan RelawanTIK Papua sebagai mitra strategis dalam pengembangan literasi digital di tanah papua terlebih kusus pelajar diberbagai tinggkatan.

Adapun jumlah Siswa-siswi SMK N. 7 Jayapura yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 42 (orang)  terdiri dari kelas X (sepuluh) dan XI (sebalas) dari berbagi jurusan.  Sebelum Siswa-swi di ajarkan pelatihan menulis berita, Siswa-siswi terlebih dahulu diberikan pemahaman literasi digital yakni tentang bagaimana bijak bermedia social yang dibawakan oleh Christo Uropmabin, RelawanTIK Papua Cabang Kota Jayapura.

Nadila A.F. Asyerem, Siswa kelas X (sepuluh) jurusan multimedia, mengatakan “ Meresa sanang, bahagia dan sangat memberi motivasi saya dan teman-teman dari yang kitong (kita) tidak tau buat berita dari kedatangan kaka-kaka, kitong jadi tau” di ahkir katanya mengharapkan “Jangan kali ini saja kaka-kaka dong datang, tapi rutin selalu datang agar kedapannya kitong semakin tau kedepannya lagi” harapnya

Di akhir Literasi Digital dan Pelatihan Jurnalistik  SMA dan SMK di Provinsi Papua, Alldo Mengucapkan “Senang rasanya dapat berkumpul besama adik-adik SMK N. Jayapura dan Bisa berbagi ilmu dan pengelaman tentang literasi digital dan litesi jurnalistik, tidak lupa juga ungkapat terima kasih kepada pihak sekolah yang sudah membuka pintu untuk kita IJPN bersama tim untuk hadir dalam lingkungan sekolah memberikan edukasi dan motivasi kepada pelajar” ucapnya.

Alldo juga menegaskan dari program ini “karya-karya tulisan berita yang telah dibuat oleh ade-ade SMK N. 7 Jayapura nantinya dapat terpublikasi di media online terlebih lagi bisa mengisi konten-konten di website sekolah tentunya dengan menggunakan rumus menulis berita 5+1H” tegas alldo yang juga Ketua Relawan TIK Jayapura.

*** rilis

Pos terkait