Gotong Royong Inisiasi Desa Cerdas, Desa Sawentar Jadi Objek Pendampingan

Gotong Royong Inisiasi Desa Cerdas, Desa Sawentar Jadi Objek Pendampingan
Gotong Royong Inisiasi Desa Cerdas, Desa Sawentar Jadi Objek Pendampingan

Blitar, Relawan TIK : Desa merupakan sebuah wilayah yang dimana seluruh kegiatannya berkembang pada basis masyarakat yang memiliki ciri khas masing-masing. Pergerakan ekonomi berangkat dari tumbuh kembangnya penghasilan yang didapatkan oleh masyarakat, ekonomi baik membangun desa yang berkembang merupakan cita-cita dari seluruh desa yang ada di Indonesia. Adanya perkembangan teknologi yang pesat ini, desa dituntut untuk bisa secara mandiri untuk bisa berkembang berdampingan dengan teknologi.

Hal ini diwijudkan oleh Desa Sawentar Kecamatan Kanigoro, dimana pada tanggal 22-23 Juli 2023 Desa Sawentar telah memulai untuk menuju Desa Digital melalui Kegiatan Desa Cerdas, hal ini di sampaikan oleh Mujiyanto Kepala Desa Sawentar.

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan Kickoff Pemberdayaan UMKM Desa Dan Pertanian Desa Sawentar ini dihadiri dari berbagai elemen masyarakat, diantaranya Pihak Peguruan Tinggi (Kampus Bela Negara) dari Program Studi Bisnis Digital, selanjutnya dari pihak masyarakat desa ada Pelaku UMKM dan Kelompok Tani (poktan), Pendamping Lokal Desa dan Kepala Desa dari Desa Wates, Desa Banggle dan Kepala Desa beserta Ketua BPD Desa Ngoran, Duta Digital Kabupaten Blitar, serta dari Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Blitar.

Serangakaian kegiatan ini tidak berhenti pada 2 hari ini saja, sebagai Kampus Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur melalui Program Studi yang baru Lahir di tahun 2022 ini Program Studi Bisnis Digital yang akan bekerja sama dengan Pihak Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Blitar akan menyukseskan implementasi program Desa Cerdas Kemendes PDDT. UPN “Veteran” Jawa Timur merupakah salah satu kampus bela negara yang memiliki banyak Mesin Teknologi Tepat Guna yang nantinya dengan kegiatan Kerjasama kedepan bisa membantu masyarakat Desa Sawentar untuk bisa mengolah hasil pertanian dan perkebunan, bahkan menjadikan alat bantu UMKM untuk bisa menghasilkan produk yang siap jual bahkan ekspor.

Program Studi Bisnis Digital yang di wakili oleh Ketua Program Studi Sugiarto menyampaikan bahwa komitmen institusi/universitas dalam membangun desa merupakan salah satu kegiatan dosen dan civitas akademika guna menerapkan hasil riset yang ada di kampus.

Kendati program studi Bisnis Digital ini adalah Program Studi baru, tetapi tidak menghambat model penerapan hasil riset dan pengabdian ke desa untuk bisa membangun desa menjadi desa mandiri dan membangun ekonomi masyarakat desa menjadi lebih baik. Ekonomi berbasis kekayaan lokal akan bisa lebih bagus nilai jualnya ke luar dengan proses dan pemasaran yang lebih luas, melalui teknologi digital ini ayo bersama-sama kita bangun bahwa Desa Sawentar ini bisa mengembangkan ekonominya melalui UMKM yang mampu Naik Kelas dan pengolaan hasil pertanian dan perkebunan untuk bisa dijual dengan harga tertinggi sambungnya Soegi.

Mengawali materi dengan topik “Pemberdayaan UMKM Desa dan Pertanian dalam membangun Smart Economy menuju Desa Cerdas (Smart Village)”, Hamzah Fathoni, Ketua Umum Relawan TIK Kabupaten Blitar sedang melakukan dialog bersama pelaku UMKM Desa Sawentar dan bapak-bapak dari kelompok tani (poktan) desa Sawentar bahwa bisakah kita bersama-sama mbangun desa untuk kesejahteraan bersama nggih ??.

Kegiatan ini nantinya merupakan sebuah wujud kerjasama antar lembaga dimana RTIK dengan Desa dan menggandeng UPN “Veteran” Jawa Timur melalui Prodi Bisnis Digital ini mampu membawa Desa Sawentar dengan Konsep Desa Wisata yang sebenarnya berupaya menarik banyak orang dari luar untuk datang berkunjung dalam rangka belajar dan studi tiru, dengan demikian bahwa selanjutnya para pengunjung ini akan membelanjakan uangnya dan bertahan atau menempati di desa dengan kurun waktu yang lama, hal ini dikarenakan sekaligus difasilitasi dengan kenyamanan akomodasi maupun kuliner khas di desa yang dikunjungi tersebut”, lanjut Hamzah Fathoni dan Soegi.

Bahwa ke depan akan ada Kerjasama secara berkala antara UPN “Veteran” Jawa Timur, Desa, dan RTIK dari Blitar dan Surabaya, dalam kesempatan ini juga para kepala desa lain yang hadir, Pendamping Desa dan Ketua Program Studi (Kaprodi) Bisnis Digital, Kaprodi Studi Ekonomi Pembangunan dan perwakilan Dosen Teknologi Pangan dari UPN “Veteran” Jawa Timur yang juga hadir berkumpul di ruang Kepala Desa Sawentar bersama Ketua Umum Relawan TIK Kabupaten Blitar untuk berdiskusi dan curah pendapat tentang pendampingan dan bentuk-bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis Teknologi yang disetiap desa akan tidak sama bentuk kegiatan dan permasalahannya.

Pos terkait