Relawan TIK Indonesia Kembali Gelar RTIK Berkreasi

Relawan TIK, Jakarta – Guna meningkatkan kompetensi digital bagi masyarakat untuk mencapai transformasi digital secara nasional. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Bersama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menghadirkan kampanye digital literasi #MakinCakapDigital.
Kali ini melalui rangkaian kelas “RTIKBerkreasi ” yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April hingga 1 Mei 2022. Rangkaian kelas daring gratis tersebut akan mendatangkan berbagai tamu ahli sebagai pembicara, dimana peserta juga dapat memperoleh sertifikat setelah menyelesaikan Webinar tersebut.

Ketua Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto mengatakan, saat ini terdapat sekitar 204,57 juta pengguna media sosial di Indonesia di tahun 2022 dan mereka menghabiskan waktu sekitar 8 jam per-hari untuk aktivitas daring.
“Beberapa tantangan yang saat ini kita hadapi anatara lain informasi yang tidak akurat, masalah keamanan digital, dan perilaku tidak etis seperti penyalahgunaan platform daring, trolling, atau intimidasi. Ketidaktahuan maupun ketidaksiapan dalam menghadapi masalah ini dapat berpotensi menghancurkan tidak hanya pengalaman daring diri sendiri, namun juga masyarakat lain”, ungkapnya,

Bacaan Lainnya

Menurut survei yang dilakukan oleh Microsoft untuk menilai “indeks kesopanan digital”, Indonesia menempati peringkat ke-29 dari 32 negara, yang merupakan peringkat terakhir di antara negara-negara Asean.

“Berperingkat sangat rendah pada indeks tersebut sangat berlawanan dengan kultur masyarakat Indonesia yang terkenal sebagai orang-orang yang baik. Meskipun ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap hal ini, diperlukan sebuah panduan bagaimana berperilaku baik di ruang digital. Di sinilah kami dapat berperan besar dalam memajukan literasi digital bangsa, termasuk merilis RTIKBerkreasi ,” ujar pria yang sering di sapa kang FED ini, Jumat, (15/4/2022).

Lebih lanjut Fajar Eri menyampaikan tema pembahasan Webinar RTIKBerkreasi sesuai dengan Peta Jalan Literasi Digital periode 2021-2024, yang terdiri dari empat kerangka, yaitu Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture.
“Empat kurikulum ini akan menjadi kurikulum yang akan diterapkan program literasi tingkat basic dan tingkat intermediate skill. Modul ini menjadi sangat penting sebagai referensi masyarakat untuk memahami kecakapan digital,” katanya.

kegiatan webinar Rtikberkreasi akan dilakukan melalui zoom dan di halaman Youtube Relawan TIK Pendaftaran kelas akan dibuka untuk masyarakat umum dan juga anggota Relawan TIK
“Program ini menargetkan 1000 peserta dari berbagai kota di Indonesia, baik dari Sumatera, Jawa, Bali-Nusra, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua” pungkas Fajar Eri.

Pos terkait